PROGRAM STUDI PERHOTELAN JURUSAN PERHOTELAN

1.     Visi :

Menjadi penyelenggara pendidikan yang menyiapkan sumber daya manusia handal dan profesional di bidang pariwisata khususnya dalam bidang perhotelan yang berbasis akademik.

2.     Misi :

Program Studi Perhotelan bertujuan mendidik dan menghasilkan tenaga kerja perhotelan ahli madya profesional dan unggul yang mampu :

  1. Mengisi berbagai posisi dan jabatan dalam bidang perhotelan serta dapat memajukan dan mengembangkan bidang tersebut.
  2. Menghasilkan calon-calon supervisor dan manager yang mampu menemu-kenali, mencermati dan memiliki ketrampilan yang diperlukan di bidang kepariwisataan.
  3. Berwirausaha di bidang usaha pariwisata dan usaha-usaha lain yang ada hubungannya dengan pariwisata.
  4. Bersikap, berkepribadian serta berbudi bahasa yang baik dalam keseharian, di rumah, di sekolah, di lingkungan sosial maupun di  tempat kerja yang merupakan tujuan dalam pembinaan sikap (Behavioral Objective) dari lembaga.

Tujuan Program Diploma III Perhotelan untuk menyiapkan tenaga kerja perhotelan berkualitas ahli madya yang mampu 

  1. Menyiapkan tenaga-tenaga profesional dalam bidang perhotelan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja sektor perhotelan.
  2. Mengisi kebutuhan tenaga kerja di bidang usaha-usaha yang terkait dengan pariwisata
  3. Berwirausaha di bidang usaha pariwisata dan usaha-usaha lain yang bersangkutan dengan pariwisata

Penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi tersebut diatas, dilaksanakan dengan berpedoman pada :

 

  1. Tujuan pendidikan nasional
  2. Kaidah moral, etika ilmu pengetahuan
  3. Kepentingan masyarakat.
  4. Memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi

 

Proses Belajar Mengajar jurusan Perhotelan meliputi :

*  Kuliah

*  Praktikum

*  On The Job Training

*  Field Trip

*  Seminar/diskusi

*  Penyusunan Tugas Akhir ( TA )

3.     Kurikulum

Kurikulum disusun atas dasar Keputusan Mendiknas No. 232/U/2000 tentang Kurikulum yang berlaku secara Nasional Program Diploma III Perhotelan dan pelaksanaannya dikelompokkan menjadi :

  1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

Dengan 120 SKS yang terdiri dari 70 SKS Inti dan 50 SKS Institusional, terbagi dalam 6 (enam) semester. Kurikulum yang disusun diharapkan selalu relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan industri, sehingga peninjauan kurikulum setiap waktu tertentu merupakan kebutuhan yang sangat penting

No. Kode  Mata Kuliah SKS
1  HT102  TATA GRAHA & BINATU I 2
2  HT112  PENGANTAR PARIWISATA 2
3  HT1122  KEWARGANEGARAAN 2
4  HT122  PENGANTAR EKONOMI 2
5  HT132  PENGANTAR AKUNTANSI 2
6  HT142  PENGANTAR MANAJEMEN 2
7  HT152A  AGAMA ISLAM 2
8  HT152B  AGAMA KATHOLIK 2
9  HT152C  AGAMA KRISTEN/PROTESTAN 2
10  HT152D  AGAMA HINDU/BUDHA 2
11  HT162  PANCASILA 2
12  HT172  BAHASA INGGRIS I 2
13  HT182  PENGET. AKOMODASI & RESTORAN 2
14  HT192  KANTOR DEPAN HOTEL I 2
15  HT203  TATA GRAHA & BINATU II 3
16  HT212  SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 2
17  HT222  BAHASA JEPANG I 2
18  HT232  MANAJEMEN HOTEL 2
19  HT242  BAHASA INDONESIA 2
20  HT252  STEWARDING 2
21  HT262  TATA HIDANGAN M/M I 2
22  HT272  BAHASA INGGRIS III 2
23  HT283  PENGOLAHAN MAKANAN I 3
24  HT293  KANTOR DEPAN HOTEL II 3
25  HT312  PUBLIC RELATION 2
26  HT322  BAHASA JEPANG II 2
27  HT332  PASTRY I 2
28  HT342  TEKNIK SUPERVISI 2
29  HT352  HYGIENE & SANITASI HOTEL 2
30  HT363  TATA HIDANGAN M/M II 3
31  HT372  BAHASA INGGRIS III 2
32  HT383  PENGOLAHAN MAKANAN II 3
33  HT392  PSIKOLOGI PELAYANAN 2
34  HT402  PEMBELIAN & PERGUDANGAN 2
35  HT412  AKUNTANSI HOTEL 2
36  HT422  METODOLOGI PEN. LAPORAN 2
37  HT442  BARTENDING 2
38  HT452  BAHASA PERANCIS I 2
39  HT462  PENGENDALIAN BIAYA 2
40  HT472  BAHASA INGGRIS IV 2
41  HT482  MANAJ. PEMASARAN HOTEL 2
42  HT492  HOTEL ENGINERING 2
43  HT512  ETIKA PROFESI 2
44  HT523  MICE 3
45  HT532  KEWIRAUSAHAAN 2
46  HT543  PASTRY II 3
47  HT552  BAHASA PERANCIS II 2
48  HT572  BAHASA INGGRIS V 2
49  HT592  MANAJEMEN KAPAL PESIAR 2
50  HT616  FIELD TRIEP 3
51  HT616  PRAKTEK KERJA LAPANGAN (OJT) 6
52  HT634  TUGAS AKHIR 4

4.  Laboratorium Perhotelan

Laboratorium Perhotelan merupakan fasilitas yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Politeknik ”API” Yogyakarta untuk menjalankan kegiatan praktikum pada mata kuliah yang bermuatan praktek dan sebagai aplikasi dari teori yang diperoleh sebagai bekal dalam melaksanakan OJT.

Laboratorium Perhotelan terdiri dari :

  1. Lab. Front Office
  2. Lab. House Keeping
  3. Lab. Food & Beverage Service
  4. Lab. Bartending
  5. Lab. Food Production
  6. Lab. Pastry
  7. Lab. Stewarding
  8. Lab. Laundry

 

a.     Mekanisme praktikum

1)     Program Praktikum program studi Perhotelan merupakan satu kesatuan dengan program perkuliahan. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah bermuatan praktikum berkewajiban mengikuti program  praktikumnya.

2)     Untuk melaksanakan praktikum mahasiswa harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke bagian lab. Perhotelan.

3)     Setiap mata kuliah yang bermuatan praktikum, terdiri dari 5 (lima) item. Hanya bidang studi Stewarding yang terdiri dari 1 (satu) item saja.

4)     Setelah seorang mahasiswa melaksanakan praktikum sebanyak 5 (lima) pada satu bidang studi (kecuali bidang studi Stewarding yang hanya satu kali saja) seterusnya dapat mendaftarkan untuk mengikuti test praktikum.

5)     Bagi mahasiswa yang telah lulus test praktikum akan diberi sertifikat praktikum  sebagai salah satu syarat menempuh ujian akhir dan untuk mengikuti program On The Job Training pada industri perhotelan.

6)     Sertifikat praktikum memuat juga transkrip nilai yang terdiri atas :

  1. Discipline
  2. Mastering of Knowledge
  3. English Terms
  4. Performance
  5. Initiative
  6. Cleanliness

7)     Bagi mahasiswa-mahasiswa yang melaksanakan praktikum pada bidang studi yang menggunakan bahan habis pakai seperti pada praktikum Bartending, praktikum Food Production, praktikum Pastry, diberi subsidi biaya dari lembaga untuk pembelian bahan-bahan dasar, tetapi mahasiswa juga dibebani untuk membayar kekurangan biaya yang diperlukan.

8)     Informasi lebih lanjut jumlah biaya tambahan untuk tiap item praktikum akan diumumkan.

9)     Praktikum harus dilakukan secara urut, yaitu setelah melakukan session 1, baru melakukan session 2, session 3 dan seterusnya sampai 5 (lima) kali.

10)    Pendaftaran ditutup 3 hari sebelum mulai praktikum.

11)    Bagi yang tidak hadir pada saat yang sudah ditentukan (terjadual) maka dianggap gugur, dan jika ingin ikut kembali praktikum, harus mendaftarkan lagi sesuai dengan syarat-syarat yang ada dan untuk bidang praktikum yang memakai biaya tambahan yang sudah dibayarkan tidak dapat diminta kembali.

12)    Jumlah satu kelompok minimal 10 orang ,atau sesuai kebutuhan.

13)    Praktikum berakhir sesuai dengan berakhirnya periode perkuliahan.

b.     Tujuan

  1. Meningkatkan penguasaan materi mata kuliah yang bersangkutan
  2. Menambah wawasan terhadap bidang kerja
  3. Meningkatkan keterampilan penggunaan berbagai peralatan
  4. Melatih penggunaan form-form/administrasi

c.     Tata tertib praktikum

1)     Peserta praktikum hadir sesuai jadual yang ditetapkan, tidak boleh membatalkan diri atau pindah kelompok. Bagi yang tidak hadir sesuai jadual, dianggap mengundurkan diri dan harus mendaftar ulang dengan ketentuan yang ada seperti semula.

2)     Datang 10 menit sebelum dimulainya praktikum dengan kelengkapan sebagai berikut :

  • Pakaian seragam yang ditentukan
  • Memakai name tag
  • Mambawa kartu praktikum

3)         Mahasiswa yang akan melaksanakan praktikum bidang

  • Front Office
  • House Keeping
  • Food & Beverage Service
  • Bartending
  • Stewarding

4)      Memakai seragam almamater : seragam hitam putih, berdasi, sepatu pantofel

5)      Bagi peserta praktikum pada bidang Pastry & Food Production,

  • Bagi putri: Rok hitam sebatas lutut, baju (jacket) cook berwarna putih, hat (tutup kepala), scarf (dasi), sepatu hitam (pantofel)
  • Bagi putra: Celana panjang hitam, baju (jacket) cook berwarna putih, hat (tutup kepala), scarf, sepatu hitam (pantofel)

6.  On The Job Training (OJT)

On The Job Training adalah suatu program intra kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa Politeknik ”API” Yogyakarta, dengan mempraktekkan teori-teori yang didapat di bangku kuliah maupun pengembangan praktek yang telah dilakukan di laboratorium. Kegiatan ini dilakukan di unit-unit kerja/produksi/hotel atas dasar kerjasama antara Politeknik ”API” dengan instansi terkait sesuai dengan prinsip-prinsip keterkaitan dan kesepadanan (Link & Match).

a.     Sifat On The Job Training

  1. On The Job Training memiliki bobot 6 SKS wajib dilaksanakan oleh semua mahasiswa jurusan Perhotelan, setelah yang bersangkutan memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu.
  2. On The Job Training merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti ujian akhir.
  3. Kegiatan OJT tidak boleh mengganggu kegiatan akademik dan dilaksanakan setelah ujian akhir semester

b.     Tujuan On The Job Training

Program On The Job Training bertujuan agar mahasiswa berlatih bermasyarakat/berorganisasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang kelak akan ditekuni. Juga berlatih untuk mandiri, tanggap dan berperan aktif, serta mampu menghayati sikap dan berperilaku sesuai yang dituntut oleh dunia kerja.

On The Job Training dibagi atas dua tingkatan :

  1. Tingkat Dasar
  2. Tingkat Lanjutan

1)     On The Job Training Tingkat Dasar

        Dilaksanakan di Hotel minimal Bintang 3 selama 3  (tiga) bulan (dalam satu bidang).

        Syarat mengikuti On The Job Training Tingkat Dasar

  • Peserta OJT harus tercatat sebagai mahasiswa aktif
  • Telah menyelesaikan program praktikum bidang perhotelan pada semester II secara lengkap, dibuktikan dengan sertifikat Praktikum.
  • Telah menempuh ujian akhir semester II

2)     On The Job Training Tingkat Lanjutan :

Dilaksanakan di Hotel minimal Bintang 3 selama 3 bulan.

Syarat mengikuti On The Job Training Tingkat Lanjutan :

  • Tercatat sebagai mahasiswa aktif
  • Telah menyelesaikan program praktikum bidang perhotelan semester IV secara lengkap dibuktikan  dengan sertifikat praktikum.
  • Telah menempuh ujian akhir semester IV
  • Telah melaksanakan OJT tingkat dasar dibuktikan dengan sertifikat OJT.

Kesempatan OJT di Luar Negeri

Kesempatan OJT di luar negeri ditawarkan kepada mahasiswa semester VI, oleh lembaga pendidikan di luar negeri dengan persyaratan-persyaratan tertentu, yang secara khusus akan diumumkan lewat jurusan Perhotelan.

c.     Prosedur Pengajuan Permohonan On The Job Training

  1. Mahasiswa yang akan mengajukan permohonan On The Job Training mendaftar di jurusan.
  2. Waktu pendaftaran dan tempat OJT akan ditentukan oleh jurusan.
  3. Jurusan akan mengirimkan surat permohonan OJT kepada hotel yang dituju.
  4. Bagi pemohon On The Job Training yang dinyatakan diterima, wajib mengikuti pembekalan di kampus sebelum mulai On The Job Training
  5. Bagi pelamar On The Job Training yang dinyatakan diterima/lulus tes calon peserta On The Job Training namun tidak memanfaatkan kesempatan tersebut wajib melapor ke Jurusan Perhotelan paling lambat 3 hari sebelum On The Job Training dimulai.
  6. Biaya-biaya yang timbul berkaitan dengan On The Job Training menjadi beban mahasiswa yang bersangkutan.
  7. Lama waktu pelaksanaan minimal 6 bulan
  8. Dilaksanakan pada akhir semester atau dapat secara bertahap.
  9. Bila kesempatan on the job training dibatalkan dari pihak hotel sebagai akibat pelanggaran yang dilakukan mahasiswa, maka mahasiswa akan dikenai sanksi oleh lembaga sesuai dengan berat ringannya pelanggaran
  10. Surat keterangan tenaga bantu (casual) dapat diakui sebagai sertifikat training apabila mahasiswa melaksanakan minimal 3 bulan berturut-turut pada hotel yang sama.

 

7.     Program Field Trip (Kunjungan ke Industri)

Program ini memiliki bobot 2 SKS wajib diikuti mahasiswa perhotelan dan merupakan Program Aplikasi Akademik. Kunjungan ke industri perhotelan diharapkan mahasiswa dapat memahami manajemen dan aktivitas hotel secara komprehensif terutama pada hotel bintang 5. Program ini dilaksanakan akhir semester III.

Hal-hal yang harus menjadi perhatian para mahasiswa peserta adalah :

a.     Setiap mahasiswa perhotelan wajib mengikuti program sesuai dengan semesternya.

b.     Bila pada suatu saat ternyata berhalangan sehingga tidak dapat mengikuti, harus melaporkan diri kepada jurusan perhotelan dan wajib mengikuti pada tahun berikutnya.

c.     Pengorganisasian program, koordinasi dan perhitungan biaya serta tujuan obyek menjadi tanggung jawab jurusan perhotelan.

d.     Biaya yang timbul berkaitan dengan program ini menjadi beban mahasiswa peserta yang bersangkutan.

e.     Mahasiswa wajib membuat laporan kunjungan dan dipresentasikan.

8.     Kerjasama

Dalam mewujudkan konsep Link & Match, Jurusan Perhotelan berupaya menjalin kerjasama yang semakin luas dengan beberapa instansi swasta, hotel maupun pemerintah. Kerjasama ini mencerminkan kepercayaan sekaligus kesempatan jurusan perhotelan untuk dapat berperan dan mengambil manfaat dari pihak lain yang terkait dengan pengembangan dan penerapan.

Prospek kerja :

  1. Instansi pemerintah / Dinas pariwisata dan perusahaan BUMN
  2. Bidang Akomodasi : Hotel Nasional/Internasional Rooming House,Boarding House, Inn, Guest House, Holiday Flatlet, Camping_Ground, Bungalow, Ryokan, Floating Hotel / Kapal pesiar, kedutaan, Lodging Houses, Apartment Homestay, Marina Boatel, Holiday Camp, Cottage, Mansion House, Youth Hostel, rumah tangga istana.
  3. Bidang Usaha Industry Pelayanan Makanan : Restaurant, Coffee Shop Canteen, Carvery,  Discotique, Bar, Pancake House, Terace Restaurant, Catering, Bistro, Cafetaria, Pizzaera, Pub, Speciality Restaurant, Main Dining Room, Fastfood Restaurant, Nightclub, Fish and Chip Shop.

Penerimaan Mahasiswa Baru

PMB Online

Berita Terbaru

Arsip