Visit Lombok Sumbawa 2012 berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melampaui target 1 juta orang. Melihat kesuksesan tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mendukung dan  memacu semangat Pemerintah Provinsi Nusa  Tenggara Barat bersama stakeholder parekraf untuk memajukan Lombok Sumbawa melalui dua sektor tersebut.

Terkait hal tersebut, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pariwisata NTB menggelar Parade Budaya Lombok Sumbawa di Jakarta yang bertepatan dengan car free day di seputaran Silang Monas, pada 16 Juni 2013.

"Parade Budaya bertujuan memperkenalkan keragaman budaya NTB. Kami juga ingin mereposisi kembali keunikan dan eksotisme seni budaya  serta keindahan alam Lombok Sumbawa sebagai daya tarik bagi wisatawan," jelas Ketua BPPD NTB, Awan Aswinabawa di Halaman Gedung Sapta Pesona, 16 Juni 2013.

Lebih jauh, Awan menjelaskan bahwa parade budaya ini diikuti ribuan orang yang terdiri dari seniman, budayawan, serta mahasiswa dan masyarakat NTB yang berada di Jabodetabek. Parade dilakukan agar menarik perhatian dan minat masyarakat Jabodetabek untuk berkunjung ke NTB.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB menjelaskan bahwa Parade Budaya dirangkai dengan Grand Launching "Tambora Menyapa Dunia" yang dilaksanakan pada Minggu malam (16/6). Hal ini merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan dunia akan kedahsyatan letusan Gunung  Tambora dua abad yang lalu, yang termasuk kategori 'greatest eruption' dan kejadian tersebut telah memangkas ketinggian gunung dari 4.200 m menjadi  2.850 m. 

Pada kesempatan terpisah, Menparekraf, Mari Elka Pangestu menyambut baik pelaksanaan Parade Budaya Lombok Sumbawa. "Parade tersebut penting dilakukan untuk memperkenalkan potensi Provinsi NTB terutama Lombok Sumbawa dalam hal keindahan alam dan kekayaan budaya yang dapat membuat siapa saja jatuh cinta," ujarnya. (Puskompublik)

Penerimaan Mahasiswa Baru

PMB Online

Berita Terbaru

Arsip