Borobudur International Festival (BIF) 2013 resmi dibuka, Jumat (14/6/2013) malam di Taman Lumbini, Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pembukaan  diawali dengan pagelaran  tarian kolosal The Spririt of Borobudur, yaitu kolaborasi dari puluhan seniman Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sedangkan secara simbolis, pembukaan  event ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomian Kreatif, Sapta Nirwandar, didampingi Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Putri Indonesia runner-up II, Cok Istri Krisnanda Widani.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomian Kreatif, Sapta Nirwandar,mengingatkan bahwa Provinsi Jawa Tengah mempunyai potensi wisata luar biasa, seperti wisata sejarah, antara lain  Candi Borobudur,  Masjid Demak, sejarah agama Hindu, Kebudayaan China, dan lain-lai ; serta wisata kuliner. "Jateng memiliki banyak ragam makanan khas yang  lezat," ungkap Sapta.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan bahwa BIF 2013 ini merupakan ajang perekat silahturahmi dan kerja sama antar daerah, baik bidang pariwisata, ekonomi, maupun investasi.  "Ada baiknya, kepala daerah, duta besar, maupun perwakilan dari negara sahabat bisa saling berbagi soal potensi wisata wilayah masing-masing. Selain itu, kami berharap seluruh hadirin bisa bercerita tentang pariwisata Jawa Tengah kepada masyarakat di negaranya masing-masing," imbuhnya.
Senada dengan Bibit, Sapta Nirwandar berharap agar event yang diselenggarakan dalam rangka menyukseskan Visit Jawa Tengah ini, dapat bermanfaat bagi pengembangan pariwisata dan pembukaan lapangan kerja baru sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah.

Selain di Balai Lumbini Taman Wisata Candi Borobudur, rangkaian BIF juga akan digelar Borobudur Travel Mart (14-16 Juni) dan International Heritage Seminar (14-15 Juni) di Grand Artos Aerowisata Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Di samping itu, dalam event yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini juga akan diadakan beragam pameran mulai dari seni rupa, seni musik, serta aneka kerajinan dari berbagai daerah dan negara peserta. (Puskompublik)

Penerimaan Mahasiswa Baru

PMB Online

Berita Terbaru

Arsip