Di Era digital sekarang ini mudah sekali kita mengakses berita. Mulai dari mendapatkan sampai menyebarkan. Tapi, kemudahan ini jadi seperti sisi mata uang, ada positif dan negatifnya. Positifnya, orang-orang jadi lebih melek dengan pemberitaan, tetapi negatifnya juga ada. Salah satunya adalah berita yang diberitakan kadang tidak jelas kebenarannya atau istilah bekennya, hoax. Supaya tidak ikutan menyebarkan berita hoax, berikut ini beberapa tips dari kami:

1.Jangan reaktif

Mungkin kadang ketika membaca suatu berita, kita merasa bahwa berita itu sangat penting dan kudu bin harus untuk disebarkan karena bisa menyangkut kemaslahatan orang banyak. Sebenarnya sifat ini mulia juga. karena menunjukkan kalau kita peduli dengan kepentingan orang banyak, tetapi jangan dulu reaktif dan jangan terburu-buru.

2.Baca baik-baik berita

Kalau dapat broadcast berita, sebaiknya dibaca dulu perlahan-lahan dan dengan seksama. Jangan cuma baca awal dan akhirnya doang atau asal scroll. Pakai otak dan hati ketika membaca, jadi bisa paham, ini berita masuk akal dan bisa berkemungkinan benar atau tidak.

3.Tabayyun dulu

Ini bahasa arabnya untuk perintah teliti dulu. Supaya nggak tersebar isu, fitnah, dan hal-hal kontroversi lainnya, sebaiknya saat mendapat broadcast dan hendak ikutan menyebarkan pula, lakukan tabayyun terhadap berita yang kita dapatkan. Emang butuh kesabaran dan nggak bisa dalam waktu singkat, karena harus menelusuri satu per satu, orang demi orang. Tetapi, ya itulah adab orang beriman ketika menghadapi isu atau berita yang belum jelas.

Berkaitan dengan berita habisnya masa Akreditasi Politeknik API Yogyakarta yang beredar, kami menegaskan bahwa akreditasi ban-pt yang kami miliki sudah di perpanjang sampai tahun 2020. Untuk itu para mahasiswa tidak perlu khawatir atau mempertanyakan tentang status kami. Terimaksih

Penerimaan Mahasiswa Baru

PMB Online

Berita Terbaru

Arsip